Kamis, 18 Juni 2009

"CUMA" 2 TRILYUNAN KOK!!!

Dunia sepakbola memang sudah tidak masuk akal ya. Bagaimana tidak, dunia sekarang ini sedang di landa "krisis gobal", tetapi apa yang di lakukan oleh klub-klub super kaya, yang dengan mudahnya menggelontorkan jutaan pounds uang hanya untuk "mengotak-atik" tim keseyangannya.

Awal-awal bulan ini saya atau bahkan dunia di gemparkan dengan kepindahan sang ikon klub kota Milan, AC Milan. Pihak AC Milan '"ikhlas" melepas Kaka untuk di lego ke klub kaya dari kota Madrid Spanyol. Ya, Real Madrid di bursa musim transfer ini membuat dunia terkejut dengan memborong Kaka dengan banderol 65 JUTA EURO. Tahu kan artinya bila uang tersebut "diterjemahkan" ke mata uang Rupiah? Ya, jika di rupiahkan maka setara dengan RP.975.000.000.000 (SEMBILAN RATUS TUJUH PULUH LIMA MiLYAR RUPIAH, JIKA KURS 1 EURO = RP.15.000). Ini merupakan rekor transfer baru di dunia sepakbola yang sudah lama di pegang oleh Zinedine Zidane.

Kalau di Indonesia bisa di pake untuk apa ya uang sebesar itu? Membayar cicilan sisa utang? Atau untuk...

Belum sampai di situ. ternyata Real Madrid ingin berbuat kehebohan-kehebohan berikutnya. Buktinya mereka berhasil juga memboyong Cristiano Ronaldo. Ya, si CR7 ini berhasil pindah sesuai dengan keinginannya, pindah ke klub yang di impikannya juga, Real Madrid.

Yang akan mencengangkan adalah rekor fantastis yang memecahkan transfer sebelumnya yang di pecahkan oleh Kaka beberapa hari sebelumnya. Dengan uang 80 JUTA POUNDS, CR7 pun resmi meninggalkan Manchester United, klub yang telah membesarkan namanya di dunia sepakbola. Klub yang sudah menjadikan dirinya ikon klub MU tersebut. Jika kita Rupiahkan, dengan kurs 1 pounds = 16.000, maka harga seorang CR7 adalah RP.1.300.000.000.000 alias 1,3 TRILYUN RUPIAH! (Gilee beneeerrr...)

Jika kita jumlahkan, Real Madrid telah belanja pemain sebesar +- RP.2.275.000.000.000 alias 2.275 TRILYUN RUPIAH! Itu hanya untuk belanja pemain dua orang, cuma dua orang lho!

Real Madrid pun belum berhenti sampai di situ, masih ada beberapa pemain top yang akan di belinya. Mungkin dua atau tiga pemain top lagi yang sudah mereka incar untuk menisi squad utama Real Madrid musim depan.

Jangalah heran apabila dalam dunia sepakbola, hal yang demikian pasti akan terjadi, hanya untuk menjaga "gengsi" semata. Apapun bisa di lakukan oleh tim-tim yang bermodal besar.

Tetapi "kejadian" ini mendapatlan sorotanan dan kritik tajam dari seorang Michele Platini, Presiden UEFA, Presidennya persatuan olahraga sepakbola di benua eropa tersebut. Dia mengatakan bahwa hal yang di lakukan oleh Real Madrid adalah suatu kemunduran dalam dunia sepakbola saat ini. Dia mengkritik, klub-klub kaya akan dengan mudah seenaknya belanja pemain. Mereka tidak memperhatikan klub-klub lainnya yang hanya mempunyai keuangan yang "secukupnya". Jadi tim yang besar dan mapan akan semakin kaya, begitupun sebaliknya. Maka Platini pun ingin membuat peraturan untuk meredam "kejadian" itu. Sehingga yang di harapkan nanti adanya suatu "keadilan, keseimbangan dan kesehatan" dalam berkompetisi.

Itulah apa yang sedang terjadi di dunia sepakbola saat ini. Klub-klub yang super kaya akan semakin sulit untuk di tandingi dalam membangun tim impiannya. Bagaimana dengan tim-tim lainnya? Mari kita tunggu kejutan-kejutan lainnya. Atau apakah klub-klub di Indonesia bisa seperti itu? Sepertinya sangat di sayangkan jika memang itu terjadi di Indonesia. Yang penting mah memiliki pemain "kualistis yang berharga minimalis". Sanes kitu...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar