Minggu, 07 Juni 2009

Berpikir Positif = Sehat!

Berpikir positif itu sangat penting untuk kita. Dalam buku The Secret karya Rhonda Byrne diungkapkan bahwa pikiran positif menjadi dasar utama dalam mencapai kesuksesan. Malah, ketika tubuh kita sakit, berpikir positif mampu meminimalisir penyakit itu hingga ke taraf penyembuhan.

Penelitian yang di lakukan oleh Harvard University membuktikan bahwa kesuksesan seseorang itu 85% di tentukan oleh sikap, dan 15% sisanya di tentukan oleh keterampilan dan intelektualitas. Sikap itu sendiri di bentuk oleh pikiran. Dengan kata lain, 85% kesuksesan dan kegagalan itu di tentukan oleh kualitas pikiran. Begitupun juga, kesuksesan untuk dekat dengan Alloh sangat di pengaruhi oleh sejauh mana seseorang berpikir positif tentang Alloh.

Nabi Muhammad sendiri sangat menganjurkan umatnya untuk selalu berpikir positif. Ketika Nabi Muhammad berdakwah kepada para kafilah arab di Mekkah untuk pertama kalinya, Nabi di caci maki dan di sakiti, bahkan mukanya di lumuri pasir. Oleh malaikat, Nabi di suruh berdoa kepada Alloh agar mereka di binasakan seperti kaum Nabi-nabi sebelumnya. Nabi bangkit dari duduknya dan berdoa (berdoa yang positif): “Ya Alloh, berilah petunjuk kepada kaumku. Sesunggguhnya (mereka melakukan ini kepadaku) hanya mereka tidak tahu. Ya Alloh, tolonglah aku, agar mereka bisa menyambut ajakan untuk taat kepada-Mu.” Doa Nabi tersebut kala itu seperti terkutip dalam Al-Hadits Al-Mukhtarah karya Abu ‘Abdillah Al-Maqdisi.

Benar saja. Tidak lama kemudian mereka masuk Islam dan menjadi pengikut setia Nabi. Dalam doa Nabi tersebut merupakan kata-kata yang terucap dari orang yang selalu berpikir positif. Demikian Nabi mengajarkan kita agar selalu berpikir positif. Tidak saja membuat tubuh kita prima, tetapi juga mendatangkan hal-hal baik yang tidak pernah kita duga sebelumnya.

Nabi juga pernah bersabda dalam Hadits Qudsi, “Aku sesuai prasangka hamba-Ku pada-Ku, dan Aku bersamanya apabila ia memohon kepada-Ku.” (HR. Muslim) Artinya, Alloh menitahkan kebaikan dan keburukan sesuai dengan apa yang di pikirkan hamba-Nya. Jika kita selalu berdoa minta kebaikan kepada Alloh, maka Dia pun akan mendatangkannya dan begitupun sebaliknya.

Coba juga renungi kisah ini! Seorang muslimah Jepang (muallafah) berusia lebih dari 50 tahun, sudah lancar membaca Al-Qur’an di sertai tajwid dengan sangat baik hanya dalam waktu 3 tahun. Padahal, pengucapan lafal Arab merupakan sesuatu yang sangat sulit dilakukan untuk orang yang baru memeluk Islam. Tapi, ia bisa melakukannya. Itu dikarenakan ia yakin dan berpikir positif akan kemampuannya. Karena itu hilangkanlah kata-kata, “Saya merasa tidak akan sanggup melewati ini, masalahnya trlalu berat, kerusakan yang terjadi akan begitu banyak, saya akan gagal dan sebagainya.”

Jadi, betapa dahsyat berpikir positif itu! Tidak saja membuat tubuh kita sehat dan prima, tapi juga bisa mendatangkan kesuksesan dalam kehidupan kita. Semoga. Bagaimana dengan kita?

-Dari berbagai sumber-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar