Senin, 13 Juli 2009

Hidupku Di Serba Sebelas

Ada serba SEBELAS, hal-hal yang menjadi kesukaan saya ataupun hal-hal yang saya sukai ataupun hal-hal yang tidak saya sukai ataupun hal-hal yang sedih ataupun hal-hal yang pernah terjadi ataupun hal-hal yang konyol yang pernah terjadi selama hidup saya sampai sekarang ini. Saya coba tuliskan dan saya rangkumkan dalam SEBELAS hal dan membaginya dalam beberapa “periode”. Kenapa saya pilih di rangkumkan dalam SEBELAS, nanti juga akan di temukan kenapa alasannya. Saya menulisnya biar terkesan seperti perjalanan hidup saya, mulai dari masa kanak-kanak sampai sekarang. “Periode-periode” tersebut adalah sebagai berikut:

MASA ANAK-KANAK

1. Saya tidak mau masuk Taman Kanak-kanak (TK) karena alasan bahwa di Taman Kanak-kanak kegiatan belajarnya hanya bernyanyi saja.

2. Saya mulai belajar mengaji sejak awal masuk Sekolah Dasar (SD).

3. Saya pertama kali khatam membaca Al-Qur’an ketika saya kurang lebih berumur 7 tahun atau lebih tepatnya ketika saya kelas dua SD.

4. Karena ketika kecil dulu saya takut melihat darah, jarum suntik dan sebagainya, sehingga ketika ada pemeriksaan Golongan Darah di sekolah, saya menjadi takut dan “kabur” untuk menghindari pemeriksaan golongan darah.

5. Saya sering main bersama teman-teman sebaya hingga lupa waktu, terutama bila main sepak bola. Kadangkalanya bapak saya pun suka mencari-cari saya bila sampai menjelang maghrib saya belum pulang ke rumah.

6. Saya pertama kali suka alias “doyan” dengan yang namanya makanan “hati macan” alias jengkol tea sampai sekarang. Ketika itu mungkin waktu saya kelas tiga SD.

7. Saya terakhir “ngompol” kalau tidak salah ketika kelas empat SD, hehehe…

8. Saya dulu juga sangat takut dengan yang namanya kuda lumping.

9. Hari Senin adalah hari yang paling saya tidak sukai, karena harus mengikuti upacara bendera, sehingga pastinya banyak berbagai macam cara dan alasan agar saya tidak mengikuti upacara bendera.

10. Saya pernah mengikuti dan menjuarai berbagai kegiatan, seperti menjuarai Lomba Gerak Jalan KanTaNas (Gerakan Tabungan Nasional), Perkemahan Sabtu Minggu Pramuka, Cerdas Cermat bidang keagamaan dan lain-lain.

11. Ketika saya berumur delapan tahunan, saya pertama kalinya belajar renang di sebuah kolam ikan milik orang lain (karena pada waktu itu belum ada satupun kolam renang di daerahku) dan sayapun sempat mau tenggelam. Sehingga dari kejadian tersebut membuat saya kapok dan sampai sekarang saya masih tetap tidak bisa berenang.

MASA REMAJA

1, Saya pertama kalinya berkelahi dengan teman ketika kelas dua SMP karena alasan sepele.

2. Inilah pertama kalinya saya mengenal cinta, walaupun sekedar cinta monyet-cinta monyetan. Ketika itu saya di kelas dua SMP.

3. Ketika kelas satu SMP, saya pernah pulang ke rumah (bersama dua teman saya lainnya, Adit dan Dodi) berjalan kaki kurang lebih 10 KM dari rumah teman karena kami kehabisan uang bekal. “Bodohnya” kita saat itu, kenapa kita tidak kepikiran untuk pinjam uang ke orang tua teman tersebut, sehingga kita bisa pulang dengan naik angkot dan tidak perlu bersusah payah berjalan kaki ria, di siang hari pula.

4. Awal pertama kalinya saya memakai kacamata yang pada waktu itu saya di kelas dua SMP.

5. Saya mulai menyukai dengan yang namanya seni tari, sehingga saya pernah di ajak oleh guru seni tari SMP untuk ikut pentas dalam acara-acara tertentu, seperti acara upacara adat dan lainnya.

6. Selama di SMP saya menyukai kegiatan ekstrakulikuler PKS (Patroli Keamanan Sekolah) dan saya pun sempat menjadi “ketua umumnya”.

7. Waktu SMP, tepatnya waktu kelas dua, pertama kalinya saya menjadi “sutradara” pementasan drama tari.

8. Saya pertama kalinya pergi sendiri naik bis dari Banjar - Jawa Barat ke ibukota Jakarta ketika kelas dua SMP.

9. Pertama kalinya saya masuk UGD rumah sakit kelas tiga SMA dikarenakan sakit “keram usus”. Dan sampai saat ini “penyakit” tersebut bisa saja terjadi kembali pada saya.

10. Sejak kelas tiga SMP saya menyukai olahraga karate dan bahkan masuk menjadi anggota perkumpulan karate. Namun kesukaan saya kepada olahraga tersebut hanya bertahan dua tahun, dikarenakan alasan “CAPE EUNG”.

11. Sejak kelas tiga SMP mulai menyukai sepakbola dunia di mulai dengan fans kepada klub Liga Jerman, yaitu VFB Stuttgart, dengan pemain “idola” saya pada waktu itu, adalah trisula maut “Balakov-Bobic-Elber”. Namun lambat laun sejak kelas dua SMA saya mulai menyukai salah satu klub Liga Italia Serie-A, yaitu ACF Fiorentina sampai sekarang.

MASA PERKULIAHAN

1. Lolos UMPTN dan masuk pilihan ke dua yaitu Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial, setelah pilihan pertama saya yaitu Jurusan Ekonomi Manajemen tidak terwujud.

2. Bersahabat dan membentuk “clique” sendiri dengan nama “GANK THE MYTTH”, yaitu: Miman “Mika” Kurniawan, Yadi “Kuyadh” Hadian, Tendi “Gotentea” Priyadi (saya sendiri), Tutus “Brutus” Subronto dan Hendro “Drow” Ekaputera, di lain “pihak” ada “Gank Urban” dan “Gank Jakarta”.

3. Pertama kalinya nilai IP (Indeks Prestasi) Semester dua adalah dua koma dua (2,2).

4. Setia kost selama 4 tahun berturut-turut di Pondok Ranjeng.

5. Kegiatan KKNM (Kuliah Kerja Nyata Maahasiswa) tahun 2003, saya pribadi membuat program “penyuluhan” tentang bahaya Narkoba kepada pemuda-pemuda dan ibu-ibu pengajian di desa tersebut.

6. Selama kuliah setiap kali makan saya selalu setia kepada warung nasi langganan saya yang bernama warung nasi GAPURA. Saya tidak tahu apakah warung nasi tersebut sekarang masih ada atau tidak.

7. Tahun 2003-an ada kejadian yang sudah biasa dan sering terjadi, yaitu tawuran masal antara Universitas tempat saya kuliah dengan Universitas “tetangga”. Pada waktu itu sempat terjadi hari-hari yang “menegangkan”, dikarenakan adanya saling melakukan aksi “sweeping” antar kedua belah pihak.

8. Saya bersama teman sempat berjualan buku-buku dan pernak-pernik atau hiasan imitasi setiap ada “pasar kaget“ maupun pameran-pameran atau bazaar di kampus.

9. Mulai mengenal dunia kerja dalam bidang survey atau proyek penelitian.

10. Tahun 2004-an bapak saya mulai jatuh sakit karena stroke, dan selama hampir satu tahun (dua semester, selama tahun 2005-an) sayapun mulai “cuti kuliah” untuk menemani ibu dan kakak perempuan saya dalam mengurus bapak.

11. Lulus dari bangku kuliahan tanggal 13 Februari 2006, tepat tujuh bulan sebelum bapak saya meninggal, jadi saya bisa lulus ketika bapak masih ada, walaupun beliau pada waktu itu sudah terkena stroke.

MASA SEKARANG INI

1. Tiga tahun lalu saya “kehilangan” sosok ayah terbaik saya. Beliau meninggal di pangkuan saya tepat pada hari Minggu, 17 september 2006, pukul 12.10 WIB. Beliau meninggal karena menderita penyakit stroke hampir selama dua tahun.

2. Sampai saat ini saya “biasanya” bekerja di lapangan sebagai ujung tombak dalam kegiatan survey penelitian dari suatu lembaga yang saya ikuti. Namun pekerjaan tersebut bersifat kontrak.

3. Ketika sedang bekerja di lapangan dalam kegiatan suatu survey penelitian, ada kejadian yang menurut saya cukup “tragis”. Pada saat itu kurang lebih bulan Maret tahun 2008, saya mengalami kecelakaan, tabrakan antar motor di daerah Subang - Jawa Barat. Alhamdulillah Alloh SWT masih melindungi saya. Saya tidak mengalami “cedera” apapun, walaupun motor saya pada saat itu lumayan rusak, meskipun tidak terlalu parah.

4. Telah setahun lebih saya resmi menjadi anggota Fiorentina Fans Club Indonesia (FFCI).

5. Menyukai musik ataupun grup musik, seperti lagu-lagunya The Cranberries, Cokelat, Chrisye, PSP (Pancaran Sinar Patromax), dan lain-lain.

6. Baru menemukan “cinta sejati” sejak hampir setahun yang lalu.

7. Begitu beratnya melepaskan kepergian ibu untuk pergi umroh, padahal ibu pergi umroh adalah dalam rangka beribadah menunaikan panggilan-Nya untuk “ber-haji kecil”.

8. Mulai mengoleksi buku-buku untuk “perpustakaan kecil” saya nanti.

9. Mulai menyukai “berposting-posting ria” di blog saya ini.

10. Bila sedang berada di rumah, saya sering melakukan pekerjaan-pekerjaan di rumah (dan sekitarnya), seperti: menyapu, mengepel, menyiram tanaman, nge-cat pagar dan tembok, kerja bakti (walaupun kadang-kadang), bahkan kadang pula memasak. Hal tersebut saya lakukan karena unsur “kewajiban” maupun unsur “kesukaan”.

11. Berusaha menambah dan terus menambah teman, juga berusaha untuk membahagiakan ibunda tercinta (semampu saya) dan juga berusaha mewujudkan harapan dan keinginan besar “kami” nanti.

Selain itu juga saya merangkum mengenai SEBELAS makanan atau minuman (yang rada-rada utama) yang sangat saya sukai sampai saat ini:

1. Masakan ati macan alias jengkol tea.

2. Sayur ataupun sop kikil tea.

3. Buah melon tea.

4. Jus mangga tea.

5. Air putih tea.

6. Nasi timbel komplit tea.

7. Telor dadar tea.

8. Gorengan tempe, bala-bala ataupun gehu alias tahu isi tea.

9. Sambal goreng kentang plus ati ampela tea.

10. Ikan bakar bumbu cobek tea.

11. Mie geyot tea.

Mungkin hal-hal di atas bagi anda merupakan sesuatu yang tidak penting atau “so what” gitu loch. Tapi saya sich hanya sebatas mengingatkan diri saya sendiri saja tentang apa yang telah saya lakukan selama ini dan sampai saat ini. Sebenarnya banyak dan akan banyak lagi hal-hal yang telah dan akan saya lakukan berikutnya.

Oiya mengapa saya merangkum hal-hal tersebut dalam SEBELAS hal? Jawaban mudahnya adalah karena saya merupakan anak bungsu dari SEBELAS orang saudara. Mudah-mudahan hal-hal saya tersebut bisa lebih mengingatkan saya bahwa saya dulu pernah begini begitu. Saya akan ambil hikmahnya saja dari semua hal tersebut, tidak melupakan siapa diri saya sebenarnya dan juga bisa saya jadikan sebagai “batu loncatan” agar bisa menjadi manusia yang lebih baik lagi. Amiiinnn…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar